10 Fitur Baru Windows 10 Spring Creators Update

Buat kamu yang belum tahu, Windows 10 Spring Creators Update adalah update mayor terbaru Windows 10 yang akan dirilis Microsoft di bulan April 2018 ini. Ada banyak banget fitur baru didalamnya, dan pertama kita akan ulas fitur mayornya terlebih dahulu.

 

Fitur  Mayor Update!!!

Gambar terkait

Ternyata ada banyak banget fitur keren di update mayor Windows 10 Spring Creators Update, dan buat kamu yang penasaran apa saja fitur barunya, inilah review lengkap .

Seperti apa ? 😮

 

 

 

 

 

1. Timeline

TimeLine

Fitur baru pertama adalah Timeline. Ini adalah fitur paling utama di Windows 10 Spring Creators Update, dan bermanfaat banget untuk memudahkan kamu melanjutkan aktivitas di Windows PC.

Timeline bisa kamu akses dari Taskbar, dan fitur ini menggantikan Task View yang ada di versi Windows 10 sebelumnya.

Jadi apapun yang kamu lakukan di Windows PC akan di direcord disini. Dan ini nggak cuman aktivitas di satu PC ya gaes, tetapi aktivitas di semua PC dan tablet Windows 10 yang kamu miliki — bakal dimunculkan disini.

Dengan begitu aktivitas yang kamu lakukan di PC kantor, laptop, atau bahkan di Windows tablet misalnya, bisa kamu temukan dan lanjutkan di PC lain dengan mudah — dan ini juga berlaku sebaliknya.

Bisa dibilang Timeline ini adalah markas tempat dikumpulkannya seluruh aktivitas kamu di berbagai PC Windows, mulai dari aktivitas browsing, baca berita, edit dokumen ataupun file lainnya. Kamu bisa tahu apa yang kamu kerjakan pagi tadi, kemarin, lusa, hingga 30 hari sebelumnya. Dan di masing-masing hari kamu bisa lihat daftar aktifitas setiap jam.

Timeline langsung aktif secara default di Windows 10 Spring Creators Update, tetapi sinkronisasi antar perangkat perlu kamu aktifkan manual. Pengaturannya ada di Settings > Privacy > Activity History > dan centang opsi sinkronisasi ini untuk mengaktifkannya.

Dan jangan khawatir yah, virtual desktop masih tetep ada, cuman sekarang dipindahkan ke atas. Jadi kamu tetap bisa membuat banyak virtual desktop seperti sebelumnya.

2. Tampilan Baru

Hasil gambar untuk fluent design gif

 

Dan yang kedua, tentu adalah tampilan baru Windows 10 Spring Creators Update yang disebut Fluent Design System. Jadi di tampilan baru ini Windows 10 jadi lebih ngeblur, transparan, dan ada efek lighting saat di hover.

Efek dan perubahan ini lebih terlihat jelas jika kamu mengaktifkan Dark Mode.

Kamu bisa cek di setiap sudut Windows 10 mulai dari Start Menu, Action Center, Settings, bahkan Store hingga aplikasi seperti kalkulator sudah berubah tampilan jadi ngeblur transparan seperti ini.

Hasil gambar untuk fluent design

Touch Keyboard juga dirombak dengan tampilan baru ini.

Selain itu berbagai elemen seperti calendar, people, action center, dan yang lainnya juga muncul dengan efek reveal saat di klik.

Karena efek tampilan seperti ini cukup berat dan membebani sistem, Windows 10 akan otomatis mematikan berbagai efek Fluent Design ini saat baterai laptop kamu sudah minim dan masuk ke mode battery saver.

Jadi kamu bisa cek dengan aktifkan battery saver, maka tampilan Windows 10 kembali solid dan simple seperti sebelumnya, sehingga sisa baterai yang ada bisa lebih dimaksimalkan.

 

3. Near Share

Berlanjut ke fitur ketiga, ada fitur baru bernama Near Share. Kalo kamu pake Mac, pasti sudah nggak asing dengan fitur AirDrop — nah di Windows 10 Spring Creators Update sudah ada fitur serupa, yang disebut sebagai Near Share.

Kamu bisa aktifkan melalui Action Center, dan klik tombol Nearby Sharing ini. Dengan ini kamu bisa berbagi file secara wireless dengan perangkat Windows 10 lainnya.

Cukup klik kanan aja file yang ingin kamu share, dan pastikan fitur Near Share ini juga aktif di perangkat tujuan.

Pilih share > dan PC target bakal muncul, klik saja dan file akan berpindah seketika.

Selain di File Explorer, Near Share ini juga bisa kamu temui di berbagai komponen Windows 10 lain seperti Browser Edge, Photos, dan berbagai aplikasi Store yang punya menu Share.

 

4. Pengaturan GPU Tiap Aplikasi

Fitur keempat, ini merupakan fitur yang agak tersembunyi tetapi punya pengaruh yang begitu besar. Di Windows 10 Spring Creators Update sekarang kamu bisa mengatur secara manual, GPU mana yang bakal dipakai oleh masing-masing aplikasi.

Sudah jadi hal yang lumrah sekarang bagi laptop high end untuk memiliki dual GPU, satu GPU discrete yang punya performa kencang, dan satu GPU internal yang hemat energi.

Dan kini melalui Settings > Display > Graphics Settings > kamu bisa mengatur aplikasi apa bakal menggunakan GPU yang mana. Tentu fitur ini hanya akan berguna bagi kamu pengguna laptop dengan dual GPU.

Jadi aplikasi berat semacam game atau video editor misalnya, bisa kamu atur memakai GPU discrete yang powerful — tetapi aplikasi lain yang ringan-ringan bisa kamu atur memakai GPU internal yang hemat energi.

 

 

Fitur Baru di Setiap Bagian Windows

Empat fitur baru mayornya sudah kita bahas satu per satu, sekarang kita akan lanjutkan dengan melihat fitur baru di masing-masing bagian Windows 10 Spring Creators Update.

5. Start Menu

Pertama kita akan lihat Start Menu terlebih dahulu. Di Start Menu Windows 10 Spring Creators Update, kamu akan mendapati shortcut ke Pictures dan Document secara default.

Kemudian di bagian tiles, kalo kamu klik kanan > dan pilih More > maka kamu bisa langsung menuju ke App setting untuk mengakses berbagai opsi pengaturan aplikasi tersebut.

6. Taskbar

Beralih ke Taskbar, selain adanya icon Timeline yang sudah kita bahas sebelumnya, kali ini kamu bisa drag pin kontak My People di taskbar dengan bebas — lalu bisa juga drag and drop kontak dari My People ke Taskbar.

Selain itu, kini kamu bisa menentukan berapa banyak kontak yang ingin ditampilkan di Taskbar, kamu bisa menampilkan hingga maksimal 10 kontak yang bisa kamu atur melalui Taskbar settings.

7. Action Center

Gambar terkait

 

Ketujuh kita akan lihat fitur baru di Action Center. Selain adanya tombol Near Share yang tadi sudah kita bahas, Quiet Hours saat ini diubah namanya menjadi Focus Assist, dan saat ini kamu bisa atur apakah ingin menampilkan notifikasi prioritas saja, alarm saja, atau mematikan Focus Assist dan menampilkan semua notifikasi yang ada.

Focus Assist juga bisa kamu atur aktif otomatis di waktu tertentu, atau saat melakukan aktivitas tertentu. Misalnya saja kamu gaming, Windows akan otomatis mengaktifkan Focus Assist sehingga kamu tidak terganggu dengan notifikasi yang masuk.

Cortana Proactive Content sekarang juga ditampilkan di Action Center, dan sedikit perubahan kecil..tulisan “Clear All” yang ada di versi Windows 10 sebelumnya kini diperjelas menjadi “Clear All Notifications”

 

8. Microsoft Edge

 

Sekarang kita beralih ke Microsoft Edge. Pertama jelas, tampilannya juga mendapat sentuhan blur transparan ala Fluent Design System.

Dan kemudian, di Microsoft Edge kini kamu bisa mute audio yang dimainkan di tab tertentu,Lalu ekstensi Microsoft Edge kini bisa kamu pakai juga di mode InPrivate Browsing,Favorite bar kini juga ditampilkan saat kamu membuka tab baru, seperti di berbagai browser lainnya.

Dan fitur baru yang terutama di browser Edge adalah sudah mendukung Service Workers, yang memungkinkan website untuk mengirimkan notifikasi bahkan saat Edge sudah ditutup sekalipun.

 

9. Settings

Beranjak ke Settings, selain pengaturan GPU untuk masing-masing aplikasi tadi, masih ada banyak sekali perubahan yang ditanamkan Microsoft di Settings.

Seperti pengaturan aplikasi Startup yang kini bisa kamu atur di Settings.

 

Kemudian ada Storage Sense, ini semacam disk cleanup yang bisa kamu atur untuk otomatis bersih-bersih Windows dari berbagai file sampah secara rutin.

 

Lalu pengaturan font, kini font bisa kamu download langsung dari Microsoft Store dan pengarutannya ditanamkan Microsoft langsung kedalam Settings.

Tapi memang jumlah font yang ada di store masih sangat sedikit untuk saat ini.

Dan tidak hanya font saja, Language Pack sekarang juga bisa langsung kamu download dari Store untuk kemudian kamu atur melalui Settings.

10. Cortana

Terakhir kita akan melihat apa yang baru di Cortana. Pertama kamu bisa menemukan berbagai skill Cortana di menu Notebooks. Daftar skill ini memudahkan kamu untuk mengetahui apa saja fitur dan kemampuan Cortana, sehingga bisa memanfaatkannya dengan lebih baik.

Selain itu Cortana juga lebih pintar dalam menampilkan berbagai aktivitas untuk kamu lanjutkan. Daftar aktivitas ini langsung terhubung dengan fitur Timeline di Windows 10.

Sebenarnya masih ada banyak sekali fitur baru minor di Windows 10 Spring Creators Update, kamu bisa hunting sendiri begitu sudah menginstallnya nanti.

Thank you :)




related : mspoweruser |
Posted on: April 15, 2018, by : sigma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *