Intel Siap Rilis Prosesor “Wishkey Lake” & “Amber Lake”

Intel baru saja merilis prosesor generasi delapan untuk seri U “Whiskey Lake” dan seri Y “Amber Lake”. Keduanya didesain untuk laptop tipis dan ringan seperti ultrabook. Berikut video pengenalan yang dibuat Intel untuk mengenalkan chip terbaru mereka.

Prosesor seri Y “Amber Lake” terdiri dari i7-8500Y, i5-8500Y, dan m3-8100Y. Ketiga prosesor ini tidak memerlukan kipas layaknya seri Y sebelumnya. Untuk kamu yang belum tahu, seri Y untuk core i5 dan i7 dulunya dikenal sebagai m5 dan m7.

 

Sedangkan untuk chip 15W seri U “Whiskey Lake” terdiri dari i7-8565U, i5-8265U dan i3-8145U. Prosesor Whiskey Lake memiliki performa diatas Amber Lake. Saat ini seri prosesor seri U i3 dan i5 sebagian besar sudah tidak memerlukan kipas (contohnya Surface Pro 2017), namun untuk core i7 kebanyakan masih menggunakan kipas.

Berdasarkan pernyataan dari Intel, chip Whiskey Lake dan Amber Lake telah naik kelas dalam bidang konektivitas, performa, hiburan dan produktivitas. Pada seri U telah terintegrasi Gigabit Wi-Fi 12 kali lebih cepat, dukungan USB 3.1 generasi 2, dan dukungan pengenalan suara untuk asisten digital seperti Cortana, Alexa, dan Siri.

 

Intel mengatakan bahwa jika dibandingkan dengan PC lima tahun yang lalu, prosesor seri U mampu memberikan peningkatan performa sampai dua kali lipat. Pada Core i7 8565U terdapat Intel Thermal Velocity Boost untuk memberikan performa tanmbahan pada single core, dan semua seri U terdapat 16 PCIe lanes.

Menggunakan chip baru ini perangkat 2 in 1 bisa mendapatkan ketahanan baterasi sampai 16 jam dalam sekali isi ulang. Namun jika dalam kondisi performa yang dibatasi atau dalam mode battery saver, daya tahannya mencapai 19 jam. Intel mengatakan laptop yang digunakan untuk bekerja sehari-hari (pekerjaan mengengah-berat) akan mendapatakan daya tahan rata-rata 10 jam.

Pada seri Y “Amber Lake” Intel fokus pada peningkatan kualitas Wi-Fi dan kemampuan LTE. Namun performa dari seri Y diklaim oleh Intel juga telah meningkat pesat dibandingkan generasi sebelumnya. Chip ini sudah mendukung PCIe generasi 3 untuk transfer data yang lebih cepat dan dukungan SSD NVMe PCIe x4.

Kedua seri Y dan seri U masih termasuk dalam prosesor Intel generasi 8, yang artinya masuk dalam keluarga besar Coffee Lake 14nm. Intel mengatakn bahwa laptop 2 in 1 dengan chip terbaru ini akan mulai dipasarkan pada musim gugur tahun ini.

 

 

 

 

source : Winpoin

Via : Macrumors

Posted on: September 2, 2018, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *