Mengenal “Packet Tracer”

Mungkin dari beberapa kalian sudah mengetahui Packet Tracer ini….

simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer. Program ini dibuat oleh Cisco Systems dan disediakan gratis untuk fakultas, siswa dan alumni yang telah berpartisipasi di Cisco Networking Academy. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

Hasil gambar untuk packet tracer

sebenarnya software ini sangat familiar didunia dalam bidang computer network.Sebelum anda akan membuat jaringan network yang sebenarnya disarankan Andamembuat rancangan terkebih dahulu agar jaringan yang dibuat sesuai dengan apayang diharapkan dan dapat dilakukan koreksi sebelum dibuat jaringan yangsebenarnya. Nah, dengan adanya software ini maka memudahkan anda untukmembuat simulasi jaringan komputer dengan kelengkapan tools dan device yangtersedia di Cisco Packet Tracer

Packet Tracer memberikan kemudahan bagi kita untuk belajarbagaimana merancang, membangun dan mengkonfigurasi sebuah jaringan. mulai darijaringaan yang sederhana sampai yang kompleks. Bahkan kita juga bisa mengetahuitruobel apa saja yang sering kali terjadi dalam sebuah jaringan hingga kita bisamenganalisa dan memperbaiki nya tanpa harus membeli perangkat yang super mahalbagi kalangan mahasiswa yang masih dalam tahap belajar.

 

dalam pendidikan :

Packet Tracer biasanya digunakan siswa Cisco Networking Academy melalui sertifikasi Cisco Certified Network Associate (CCNA). Dikarenakan batasan pada beberapa fiturnya, software ini digunakan hanya sebagai alat bantu belajar, bukan seabagai pengganti Cisco routers dan switches.

 

source : wiki

Posted on: October 9, 2018, by :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *