Di Tahun 2019 : PWA atau Mobile Apps Untuk Aplikasi Startup

Perusahaan teknologi saat ini tentunya terus update dalam hal teknologi terkini yang bisa diimplementasi ke aplikasi mereka. Tentunya hal ini ada baik dan buruknya dimana dengan berbagai tawaran pemanfaatan platform yang menjadi metode / channel yang dimanfaatkan pengguna nantinya.

Tentunya startup / umkm harus mengetahu terlebih dahulu kebutuhan dan market penggunanya terlebih dahulu. Anggap dalam hal ini perusahaan IDcloudHost belum mempunyai aplikasi mobile, tapi idcloudhost dapat diakses secara responsive melalui website (desktop), dan juga smartphone dengan baik.

Terkadang hal yang sering kita ketahui adalah biaya pembuatan aplikasi, aplikasi smartphone baik itu android, IOS, Windows phone mempunyai kepraktisan sendiri. Namun bukan berarti aplikasi yang dibuat oleh startup itu harus mempunyai aplikasi di setiap sistem operasi.

Beberapa waktu lalu Google merilis teknologi Progressive Web Apps atau dikenal dengan PWA yang dirancang untuk mempermudah pengguna tanpa harus mendownload dengan resource yang besar.

Dari data yang diberikan oleh Google, mengakses mobile web paling tidak membutuhkan waktu loading selama 19 detik dalam jaringan 3G. Bila situs delay lebih dari tiga detik, akan berpotensi kehilangan konsumen sebanyak 53%. hal ini tentunya akan menyebabkan bounce yang sangat tinggi.

 

 

Secara sederhana, teknologi Progressive Web Apps (PWA) merupakan mobile site yang dapat dimuat seperti layaknya mobile Apps. Jadi disaat pengguna mengakses website, maka akan muncul notifikasi Add to home Screen untuk memberitahu pengguna adanya fasilitas menambahkan akses cepat aplikasi pada desktop smartphone. Saat pengguna ingin mengakses aplikasi kembali, pengguna tinggal mengakses melalui icon yang sudah otomatis ada di layar mereka.

PWA kini sudah bisa diakses melalui Opera, Internet Explorer, Samsung Internet Browser, dan Mozilla. Di Indonesia terdapat beberapa perusahaan yang telah menggunakan teknologi PWA di antaranya

Tokopedia,Kaskus, Bukalapak, DailySocial, Viva.co.id, JD.id, Traveloka, Kapan Lagi Networks, Babe, Kompas, Brilio, dan lain sebagainya.

Di Tahun 2019 : PWA atau Mobile Apps Untuk Aplikasi Startup
Tagged on:

Leave a Reply

error: Reading Mode !!