SIGMA

5G Belum Rampung, Pengembangan Koneksi 6G Sudah Dimulai!

Koneksi 5G masih menjadi sesuatu yang “sakral”. Belum semua negara kebagian koneksi 5G — termasuk Indonesia. Bahkan smartphone dan gadget yang support 5G juga baru mulai bermunculan di tahun ini. Tetapi hal itu ternyata tidak menghentikan ambisi beberapa pihak untuk langsung mengembangkan koneksi 6G.

LG bersama dengan Korean Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) dikabarkan sudah membuka research center untuk pengembangan koneksi 6G di Korea Selatan. Mereka dikabarkan sudah memesan banyak perlengkapan, mulai dari high-end SoC, hingga peralatan lain untuk pengembangan koneksi 6G ini.

Presiden LG Electronics Park Il-pyeong (kiri) dan Direktur Riset KAIST Institute Lee Sang-yeop meresmikan pembukaan pusat riset 6G LG, Senin (28/1/2019).

CTO LG menyatakan kalau LG mulai melakukan riset agar bisa jadi pioner di koneksi 6G yang akan datang. Selain LG di Korea, China juga menyatakan bakal memulai riset 6G di tahun 2020 nanti. Dibandingkan koneksi 5G, koneksi 6G bakal lebih cepat lagi dengan target kecepatan mencapai 1TB per detiknya.

Dengan mulai mengembangkan koneksi 6G lebih dulu, LG bisa lebih cepat dalam menyelesaikan pengembangan 6G dari China. Sampai saat ini belum ada perkiraan kapan koneksi 6G yang dikembangkan LG bakal tuntas, tetapi jangan terlalu berharap 6G bakal siap dalam 1 – 2 tahun kedepan, karena pengembangan jaringan seperti ini biasanya bakal memakan waktu yang sangat lama. Bagi kita yang di Indonesia, untuk saat ini masih harus berpuas dengan 4G — sembari menunggu dapat giliran kebagian koneksi 5G.

 

 

 

 

 

Source : winpoin

related : zdnet

reference : –

Leave a Reply

error: Immortal Content !!
×