Tak Hanya Sony & Microsoft, Google Stadia Juga Ancam Twitch

Dalam ajang Game Developer Conference 2019 di San Francisco (AS), 19 Maret 2019, Google meluncurkan platform streaming game baru bernama Google Stadia. Ini akan jadi ancaman bagi industri gaming cloud yang masih baru dan memberikan efek yang besar pada ekosistem YouTube.

Google Stadia nantikan akan diintegrasikan dengan YouTube. Dengan integrasi dengan YouTube, sangat mungkin Google Stadia mengubah budaya game. Misalnya, fitur yang disebut Crowd Play, yang akan memungkinkan penggemar streamer YouTube untuk melompat langsung ke game dan bermain dengan creator yang mereka tonton.

Gambar terkait

 

Interaksi dengan viewer adalah bagian yang tidak terpisahkan dari live streaming, sehingga content creator  dapat menggunakan fitur ini. Creator yang sukses biasanya memiliki jadwal streaming yang ketat untuk membuat penggemar mereka senang.

Integrasi Stadia dengan Google Assistant juga akan memiliki efek luas di YouTube. Menurut Google, pengguna Stadia akan dapat meminta bantuan Google Assistant untuk mencari cara menyelesaikan misi yang sulit dalam video game.

Google Assistant secara otomatis mendeteksi kesulitan gamer dalam permainan dan menayangkan video YouTube yang paling relevan untuk membantu.
Hasil gambar untuk google stadia

Detail tentang cara Google menentukan video mana yang akan ditampilkan belum diketahui. Tetapi, sekali lagi, tergantung pada cara kerjanya, kita dapat melihat developer game bermitra dengan streamer untuk membuat penelusuran video, atau mungkin streamer akan mencoba memodelkan algoritma apa pun yang dibuat Google untuk mengirimkan video ini.

Terobosan baru ini tentu akan meningkatkan ketegangan dan persaingan antara Google Stadia-YouTube dengan Twitch Amazon. Sejauh ini, ceruk video merupakan yang terbesar di YouTube di mana Twitch masih menjadi tempat paling populer untuk menonton streaming video game. Platform telah melayani secara khusus para gamer dengan program Twitch Partner-nya.

Dengan integrasi ini, Google jelas bergantung pada YouTube untuk membantu Google Stadia bertahan. Tetapi jika platform sesuai dengan harapan Google, itu juga dapat mengubah ekosistem creator YouTube.

Tak Hanya Sony & Microsoft, Google Stadia Juga Ancam Twitch

Leave a Reply

error: Immortal Content !!
×