SIGMA

Android Q Beta 3, Dirilis Mendapatkan Fitur Baru

Seperti janji DroidPoin sebelumnya, dikesempatan kali ini DroidPoin akan berikan daftar hal baru yang teresedia di Android Q Beta 3. Buat kamu yang sudah penasaran, berikut ini adalah detail lengkapnya:

Dukungan Perangkat Foldable serta Jaringan 5G

Yang pertama dan menjadi fitur yang paling “hot” adalah sudah resminya dukungan untuk perangkat foldable di Android Q dan itu merupakan sebuah pertanda jika ke depannya akan ada lebih banyak perangkat dengan konsep tersebut dari berbagai OEM. Menariknya, tahun kemarin Google pada akhirnya menambahkan dukungan notch di Android 9.0 Pie dan setelah diusut mereka langsung menerapkan notch juga di seri Pixel 3 XL.

 

Nah, apakah dengan sudah resminya dukungan perangkat foldable di Android Q nanti merupakan pertanda jika generasi Pixel ke-4 akan menerapakan hal tersebut? Kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan dan perlu kamu tahu juga, Android Q dipastikan sudah mendukung jaringan 5G loh.

Navigasi Gesture yang Semakin Matang

Seperti yang kita ketahui bersama, di Android 9.0 Pie Google akhirnya menambahkan navigasi gesture seperti pada perangkat Apple. Nah, di Android 10 Q final nanti, navigasi gesture milik Google dipastikan sudah semakin matang dan dipastikan jika tombol back dihilangkan, jadi benar-benar gesture tanpa bantuan apapun.

Misalnya, jika kamu ingin kembali ke home cukup menggeser ke atas dari bawah, sedangkan untuk menampilkan recent apps kamu harus geser ke atas dan berhenti sejenak untuk menampilkan menu tersebut. Lalu untuk kembali, geser layar ke kiri atau ke kanan.

Live Caption

Fitur ini akan menampilkan semacam subtitle dari berbagai media yang menampilkan suara entah itu video, podcast dan semacamnya. Tujuannya tentu saja agar lebih mudah memahami apa yang ucapkan oleh sumber suara karena terkadang ada beberapa kata yang mirip dan sulit dibedakan.

Nah, dengan adanya fitur live caption ini, suara yang kamu dengar dari video, podcast dan lain-lain akan langsung ditampilkan subtitle-nya tanpa perlu koneksi internet, data dan yang lainnya.

Smart Reply

Buat kamu yang suka sms-an atau mungkin sosial media, di Android Q nanti ada fitur bernama Smart Reply yang tujuannya tentu saja untuk membalas berbagai pesan yang kamu terima. Contohnya, jika kamu menerima pesan undangan untuk bertemu di suatu tempat, Smart Reply ini akan mendeteksi bagaimana pesan tersebut harus dibalas. Apakah kamu bisa mengikuti acara tersebut atau tidak, bahkan kamu juga bisa menampilkan langsung alamat yang dituju pada aplikasi peta loh!

Dark Theme

Nah, mungkin inilah salah satu fitur yang kamu nantikan selama ini! Yups, fitur dark theme akan sangat memanjakan mata ketika kamu berada dalam kondisi yang kurang cahaya (gelap) atau bahkan untuk sekedar menghemat ponsel baterai kamu. Nah, di Android Q nanti, bukan hanya temanya saja yang berubah menjadi gelap, tapi beberapa aplikasi bawaan pun (YouTube, Chrome, Calendar, Calculator dan lain-lain) dipastikan akan mendapat hal serupa.

Project Mainline

Sebenarnya, DroidPoin masih bingung mengenai apa kegunaan dan cara kerja dari fitur yang akan tersedia di Andorid Q yang satu ini. Akan tetapi, Google mengonfirmasi jika Project Mainline akan sangat berdampak dalam pemberian update yang cepat untuk keamanan, privasi dan juga yang lainnya.

So, mari kita nantikan saja detailnya ketika Android Q versi final diresmikan.

Focus Mode

Fitur ini merupakan sebuah fitur yang tidak hanya tersedia di Android Q, kabarnya perangkat yang menggunakan Android 9 Pie pun akan menerimanya. Jika kamu menggunakan fitur ini, maka kamu tak akan terganggu oleh berbagai notifikasi yang muncul. Ketika kamu aktifkan, maka kamu bisa memilih berbagai notifikasi dari aplikasi yang dirasa menggangu dan kamu tak akan menerima notifikasi dari aplikasi tersebut hingga kamu menonaktifkan fitur ini.

Family Link

Fitur ini merupakan fitur khusus orang tua untuk mengontrol berbagai kegiatan sang anak dalam menggunakan smartphone-nya. Kamu bisa membatasi penggunaan berbagai aplikasi untuk sang anak dan berbagai hal lainnya dari fitur ini.

 

 

referense : Google

OP : WP

Leave a Reply

error: Immortal Content !!
×